Pawi

Senin, 30 Mei 2011

KOMUNITAS


Arti komunitas
 Beberapa waktu yang lalu, ada seorang sahabat yang bertanya padaku sewaktu aku lagi berkumpul di subuah acara reuni tahunan.

Pertanyaanya sederhana, namun cukup menggelitik: "apa sih untungnya ikutan pertemuan, Aku pun menjawab sekenanya yang terlintas di otakku: "nambah temen!" jawabku.

Pas nyari-nyari internet, definisi komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, resiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

Serupa, sama, adalah kata kunci dalam komunitas, ketertarikan terhadap hal yang sama menjadi daya ikat dari suatu komunitas, apapun jenis/tipe komunitas itu.
Kecendrungan untuk berkumpul, sharing dan melakukan suatu hal bersama-sama juga menjadi hal tak terpisahkan juga dari sebuah komunitas.

Hal tersebut juga terjadi *tentunya* di komunitas yang ada di Pontianak, semisal speedyClub,Borneo blogger, Pryco Gamers dan komunitas lain yang ada di Pontianak, semuanya berawal pada ketertarikan akan hal yang sama yang membuat keterikatan diantara sesama anggota komunitas tersebut.

Komunitas Sepeda Antik

Komunitas Vezpa Unik Jakarta


Nah, berbicara masalah "untung" yang bisa didapat dengan bergabung dalam suatu komunitas kalau boleh dikatakan BANYAK SEKALI, diantaranya - dan yang paling jelas - adalah bertambahnya teman/kenalan, menambah wawasan, mendapatkan kesenangan dan lain sebagainya.. masih banyak lagi keuntungan berkomunitas seperti untuk mendapatkan uang , usaha dan berbisnis atau lainnya.

Hal lain yang bisa didapat dari komunitas adalah menambah pengetahuan dari sharing/berbagi ilmu, yang tentunya berhubungan dengan komunitas yang terbentuk, semisal komunitas motor tentunya para anggotanya sharing ilmu tentang ke-motor-an, komunitas IT berbagi ilmu tentang perkembangan IT dan seterusnya.
 
"Dampak" lain yang bisa timbul dari ber-komunitas adanya penambahan finansial, kan bisa saja teman-teman dalam komunitas itu yang nawari proyek, kerjaan atau hal lain yang bisa mendatangkan finansial bagi kita, atau mungkin ada yang bagi-bagi duit gratis *nah kalo yang ini, semua pasti mau, setuju???


 Istilah kata Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang. Wikipedia bahasa Indonesai menjelaskan Pengertian Komunitas sebagai sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa, itu kata wiki (blog yang aku kunjungi)

Soenaryo (2002) Definisi Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.
Menurut Kertajaya Hermawan (2008), Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

Ada Banyak orang yang menterjemahkan Defisi tentang komunitas itu sendiri dengan berbagai macam definisi, Tapi menurutku semua mengarah ke suatu tujuan yang sama yaitu tentang sekelompok Sosial yang saling berinteraksi, berhubungan dan berbagi sesuatu untuk kebutuhan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-kotak-komentar-facebook-di.html#ixzz29USJCJZF