Pawi

Rabu, 17 Agustus 2011

SMA, tahap bersosialisasi paling efektif

masa - masa SMA banyak orang bilang adalah masa - masa paling menyenangkan, penuh memori tak terlupakan dan sekaligus masa menata diri karena di masa ini dengan emosi dan sikap mental yang labil, remaja dituntut ekstra selektif dalam bergaul agar berdampak positif bagi perkembangan jiwanya atau justru berdampak buruk pada kehidupan bersosial remaja.
3 tahun waktu normal yang dihabskan di SMA seyogyanya dapat domanfaatkan untuk pengembangan jaringan seluas-luasnya dalam pencarian teman. bayangkan saja jika suatu sekolah yang membuka kelas baru dengan daya tampung 400 siswa, total sekolah itu mampu menampung 1200 siswa dalam satu tahun ajaran. dengan begitu, jika kita, para remaja mampu memanfaatkan situasi ini dengan baik dalam 'networking' maka kita akan mampu mengenal paling tidak 1000an orang ditahun pertama dan akan bertambah sekitar 400an orang ditahun berikutnya hingga mencapai tahun terakhir, tahun ketiga, matematisnya sekitar 1800an orang akan mampu kita kenal dan mengenali kita dalam masa SMA tersebut, namun yang perlu dicatat hal itu tidaklah mudah tanpa kemampuan komunikasi massa dan sikap mental yang mumpuni dalam bersosialisasi.
mungkin sebagai perbandingan saja, di masa SMP yang notabene-nya masih banyak diantara remaja yang belum cukup dewasa pemikirannya cenderung memiliki jaringan terbatas seperti kelas atau angkatan, sangat jarang seorang siswa SMP mampu mengenal lebih dari 50% siswa selain angkatannya, hal itu mungkin juga karena kebelumsiapan mental dan pikiran remaja terhadap perubahan sosial yang diakibatkan banyaknya jaringan yang terbentuk seandainya memiliki komunitas yang hampir 100% disekolahnya. sedangkan di bangku kuliah, dalam satu jurusan pada suatu universitas paling banyak hanya sekitar 80-120 mahasiswa pertahunnya, dan hubungan sosial di masa ini cenderung egoistik dan individualistik tanpa mengesampingkan bakat-bakat jenius dari para mahasiswa, sehingga pada masa kuliah ini, sangat jarang seorang mahasiswa mampu mengenal 100% teman mahasiswa seangkatannya.
perlu disadari, di masa SMA, banyak ide-ide cemerlang yang muncul dari benak remaja kita, tentang berbagai aspek kehidupan dan dengan kualitas yang beragam tentunya, mulai dari sekedar tulisan 'isapan jempol' hingga yang berdasarkan referensi-referensi ilmiah tentunya.
namun, untuk itu perlu kematangan berpikir dan kedewasaan yang harus terus ditingkatkan pada masa ini karena transformasi pemikiran kita dari SMP ke SMA akan sangat kentara bila kita berani mengubah jalan pikiran kita di masa ini menuju ke pemikiran yang logis, idealis, juga realis.
untuk itu, masa SMA sebagai tahap bersosialisasi paling efektif menurut pandangan saya adalah di SMA tanpa mengabaikan berbagai faktor lain, dan sangat baik bila kita generasi muda bangsa besar Indonesia Raya mampu membangun jaringan yang kuat mulai dari SMA untuk terus dikembangkan dan dimanajemen dengan baik hingga mampu untuk ikut andil dalam perubahan bangsa besar Indonesia Raya ini beberapa tahun kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-kotak-komentar-facebook-di.html#ixzz29USJCJZF